Oh ini 7 Permainan Kampung yang Terlupakan

Posted by



7 Permainan Kampung yang Terlupakan
Siapa yang pernah merasakan serunya bermain Gok-Gokan (Benteng-bentengan)?, wah seru banget itu,, anak-anak yang terbagi menjadi 2 kelompok saling merebut dan mempertahankan bentengnya. Tapi yaah kenangan hanya tinggal kenangan, kini lapangan yang biasa untuk bermainpun sudaah didirikan rumah dan bangunan lainnya. Penyebabnya simpel, yaitu Teknologi yang semakin canggih.
Teknologi terkadang mempunyai dampak negatif terhadap aktifitas anak-anak. Sedangkan kita tahu bahwa masa kanak-kanak adalah masa bahagia dan bermain hal-hal yang berdampak positif bagi perkembangannya.
Masuknya Teknologi canggih seperti gadget, Smart Phone, Internet, yang tidak disesuaikan dengan kesiapan anak-anak, maka jelas akan semakin merusak generasi anak-anak  kita. Dampaknya seperti anak jadi males untuk bergaul dengan teman sebayanya, malas melakukan ibadah, malas belajar, karena inginnya hanya bermain game yang ada di HP atau Laptop (tabletnya). Ini miris brooo..
Akhirnya, permainan tradisional (kampung) pun punah begitu saja. Permainan apa aja sih?, inilah 7 permainan kampung yang terlupakan:
1                 .                                                                Gobak Sodor (slodoran)
Sistem permainan ini adalah ada 2 kelompok, kelompok yang kalah menghalangi perjalanan kelompok yang menang untuk menuju final. Kelompok yang kalah menjaga garis (berjalan sesuai garis yang sudah ditentukan) dengan tujuan menghalangi si kelompok pemenang. Manfaat dari permainan ini adalah melatih konsentrasi, otok kaki, taktik, dan rasa perjuangan yang tinggi untuk mencapai kesuksesan walaupun ada aral atau halangan yang melintang.
2            .                                                                    Boy-boyan
Bahan baku permainan ini adalah Pata (senjata) yang terbuat dari trengkal pecahan genteng dan bola kasti (tenis). Start dari melempar senjata dari jarak 5 meter-an ke garis lingkaran di tanah. Nah yang terakhir masuk, itulah yang menjaga lingkaran itu dengen tumpukan trengkal , jangan sampai hancur tumpukan itu. yang lainnya bersembunyi. Si kalah, mencari mereka, jikabertemu langsung dikejar dan dilempar dengan bola kasti tadi, kalo kena yaa dia kalah. Manfaatnya yaitu melatih menjaga amanah jangan sampai hancur, berjuang agar tidak selalu jadi pecundang.
3                                          .       Petak Umpet Lokal (umpet-umpetan)
Mengapa dikatakan lokal?, yaa jelas, karena permainan hanya di sekitar itu saja. Si kalah memejamkan mata menghadap dinding, dan yang lainnya bersembunyi. Si kalah harus menemukan yang bersembunyi, dan jika sudah menemukan, langsung si kalah kembali dan menempelkan telapak tangan ke dinding tadi , terus cari lagi. Manfaatnya adalah harus selalu berusaha walaupun kita tidak tahu Allah mentakdirkan apa. Yang penting ada usaha.
4                                 .       Petak Umpet Kelompok Out side (umpet-umpetan kelompok)
Nahhh ini adalah permainan petak umpet kelompok dan cakupannya tidak hanya lokal, tapi ke beberapa desa dan blok untuk dijadikan area bersembunyi. Jadi si kelompok yang kalah mencari kelompok-kelompok yang menang yang bersembunyi di beberapa titik blok di beberapa desa tetangga. Ini biasanya dilakukan di malam hari. Jadi ada yang bersembunyi di kuburan, kebun-kebun. Rumah kosong dan lain sebagainya. Yaaaa ngeri juga, tapi di zaman itu belum banyak film horor seperti zaman sekarang. Nahhhh setelah selesai tertemukan, maka finalnya kembali ke tempat semula. Manfaatnya adalah melatih ketelitian, kedisiplinan, keberanian, sportifitas.
5                                          .       Benteng-bentengan (gok-gokan)
Permainan ini menjaga gawang atau benteng. Dua kelompok menjaga atau mempertahankan bentengnya masing-masing. Yang menjaga 1 orang, dan anggota yang lainnya mengejar dan yang lainya saling merebut benteng lawan. Beuuuuhhh seru bener. Manfaatnya adalah melatih otot kaki, mengasah mental, keberanian, menjaga amanah, usaha yang gigih.
6                                                  .       Toklekan
Bagi yang baru mendengar ini, memang terasa asing. Mungkin nama permainan ini beda-beda tiap daerah. Bahan baku permaianan ini adalah 2 potongan bambu kecil dengan panjang 30 cm dan 10 cm. Kemudian dibuat cekungan tanah dan kayu yang pendek dipasang, dan yang panjang untuk mengungkit dengan keras si kayu yang pendek sehingga terlempar jauh dan ditangkap oleh peserta permainan itu. Jika ada yang bisa menangkap, maka orang tersebuut mendapatkan poin. Kemudian, sistem tantangan dalam permainan itu terus meningkat, agar menjadi pemenang dan mendapatkan point tertinggi. Manfaatnya adalah mengambil dan memperjuangkan kesempatan yang baik agar mendapat nilai yang baik.
7                                                   .       Lumbungan
Yupzzz.., permainan lumbungan adalah ada alatnya, dulu terbuat dari tanah liat, tapi makin kesini terbuat dari plastik, dan dulu pake biji dari biji buah asam. Jumlah bijinya harus kurang lebih 100 biji. Sulit diterangkan secara tertulis bro n siss.., yang jelas manfaatnya adalah melatih strategi dan berbagi, melatih agar adil.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




spongeblog Updated at: 21.02

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.